2 Maret 2017

Trend Otomotif Teknik Sepeda Motor 2 Tak 4 Tak

Sebagai fungsi dari transportasi, sepeda motor dibuat dengan desain yang kuat dan tahan lama. Sepeda motor seperti motor classic memiliki kapasitas cc besar, body dan bingkai yang terbuat dari baja, dan warna rata-rata gelap atau hitam. Seiring dengan perkembangan teknologi, kini sepeda motor sangat bervariasi. Desain berkembang sekarang lebih suka model modis, ekonomi bahan bakar, tetapi masih memiliki tenaga mesin yang optimal. Secara umum, sepeda motor di Indonesia memiliki jenis mesin 2 langkah dan 4 langkah. Kedua jenis mesin ini menggunakan bahan bakar bensin yang sama. Namun, untuk jenis sepeda motor 2 langkah, menggunakan sistem minyak pelumas dicampur dengan bensin pelumas. Sebagai hasil dari pencampuran bensin dengan minyak pelumas, produk pembakaran menghasilkan residu asap yang cukup padat dan berbau.
cara-kerja-mesin-2-tak-dan-4-tak
Mesin sepeda motor 2 tak memiliki getaran dan suara keras dari sepeda motor menggunakan mesin 4 tak. Keunggulan mesin 2 tak adalah memiliki akselerasi cepat dan kuat. Dalam hal konsumsi bahan bakar, mesin 2 tak lebih boros bensin daripada mesin 4 tak. Sebagai contoh, Yamaha RX King memiliki 125 cc hanya mampu mengkonsumsi 25-30 km bensin per liter. Hal ini sangat ironis dengan Honda Mega Pro yang memiliki kapasitas mesin 200 cc hanya membutuhkan 50-61.5km bensin per liter. Berbeda dengan mesin motor 4 tak mengkonsumsi bahan bakar murni. Oli mesin pelumasan 4 tak langsung menggunakan mesin dalam bak carternya. Getaran motor 4 tak sangat halus dan nyaris tak terdengar. Kelemahan oli mesin motor 4 tak adalah usia yang relatif lebih pendek dari mesin dua langkah.

Dari uraian di atas dapat dibedakan mengenai mesin motor 2-tak dengan 4 tak. Karakteristik beberpa setiap jenis motor akan dibedakan sebagai berikut:

1. Sepeda motor 2 tak
Tidak sulit untuk mengidentifikasi motor 2 tak. Karena ada beberapa karakteristik yang signifikan dari motor 2 tak:
  • BBM selalu dicampur dengan minyak baik secara langsung ke tangki penyimpanan bahan bakar serta cara untuk memisahkan di tempat sendiri.
  • Silinder tidak memiliki klep, sebagai ganti klep terdapat piston atau katup merah yang berfungsi untuk mengatur masuknya gas ke ruang clylinder.
  • Setiap piston hanya memiliki 2 cincin buag yang diantaranya ring compressi 1 dan ring compressi 2
  • Setiap cylindernya memiliki 2 macam kompressi silinder yaitu kompressi dan carter compressi.
  • Setiap detik waktu gerakan piston akan terjadi satu kali pembakaran gas.
  • Di atas merupkan beberapa karakteristik mendasar dari mesin 2 tak. Dalam penggunaan motor 2-tak yang lebih berisik dari motor 4 tak. Dan penggunaan bahan bakar seperti dijelaskan di atas lebih boros dibandingkan motor 4 tak

2. Mesin Motor 4 Tak.
Berikut adalah fitur karakteristik dari motor 4 tak.
  • Menggunakan bahan bakar murni bensin. Berbeda dengan motor 2 tak yang bahan bakarnya menggunakan bensin campuran oli
  • Setiap cilindernya memiliki 2 buah klep. Di mana memiliki fungsi yang berbeda, yaitu katup masuk dan katup buang.
  • Cylindernya hanya memiliki satu jenis compressi yaitu silinder compressi.
  • Setiap piston memiliki 3 cincin buang yaitu cincin compressi 1, 2 dan cincin compressi minyak rong. Cincin ketiga adalah sangat berguna untuk membantu proses atau pelumasan piston
  • Ada rantai cambrat di bak mesin yang terkait dengan noken as. Rantai kambrat memiliki fungsi untuk menahan verseneling gigi roda atau gerakan tiba-tiba.
  • Setiap 2 putaran bak mesin hanya ada 1 kali daya (compressi)

Dari beberapa penjabaran di atas kita dapat memahami kelebihan masing-masing kendaraan. Bagi sobat yang terus mengikuti trend otomotif dan memiliki motor 2 tak jangan berkecil hati. Namun demikian, sepeda motor 2 tak dikenal sebagai motor super cepat. Berikut adalah beberapa tips untuk Anda yang memiliki kendaraan bermotor 2 tak sehingga tetap awet dan tahan lama:

3. Oli samping .
Selain menggunakan oli pelumas untuk memudahkan kinerja gigi pada komponennya. Oli bahan bakar ke dalam campuran kendaraan ini juga berfungsi untuk melumasi piston dan bantalan bantalan sebagai krug. Pastikan sisi minyak agar tetap terisi. Ketika minyak kosong itu akan membuat panas mesin cepat dan beberapa komponen kendaraan akan rusak.

4. Karbulator
Perikasalah Karbulator keadaan situasi Anda. Dalam bagian ini harus sering2 cek terutama ketika kendaraan sering digunakan dalam kondisi kotor atau berdebu.

5. Radiator
Dalam jenis motor yang menggunakan radiator adalah pada motor 2-tak

Teknologi Pasokan Bahan Bakar
teknologi pasokan bahan bakar yang ada saat ini mulai menembus seperti yang diterapkan pada mobil. teknologi karburator dari tahun ke tahun tidak memiliki peningkatan yang signifikan dengan pengembangan mesin atau suspensi dan pengapian. Bahkan, saat ini, mesin hybrid telah terkenal.

Honda Supra X 125 PGM F1 adalah merupakan salah satu sepeda motor produksi Honda dengan menggunakan teknologi injeksi bahan bakar bensin untuk pertama kalinya dalam sepeda motor. Hasil teknologi injeksi bahan bakar membuat mesin jauh lebih halus dan sangat hemat bahan bakar. Honda Supra X 125 PGM F1 mampu menembus konsumsi bahan bakar 70-75km per liter. Keberhasilan Honda PGM F1 diikuti oleh pabrik Yamaha untuk menerapkan teknologi injeksi bukan karburator. Yamaha motor lalu menerapkan teknologi injeksi pertamanya pada Yamaha Vixion dan merupakan motor dengan kategori sport ini yang mengkonsumsi 60km bensin per liter. Tidak mau ketinggalan, Suzuki Motor juga diikuti dengan konsumsi bahan bakar sepeda motor 125. Shogun 125 Injeksi.

    Choose :
  • OR
  • To comment