8 September 2018

Fungsi Pada Komponen baterai Aki Kendaraan Bermotor

Dari Pengertiannya Battery ( Accu ) adalah merupakan sebuah sel atau elemen sekunder dan merupakan sumber arus listrik searah yang dapat mengubah energi kimia menjadi energi listrik. Setiap produsen biasanya memiliki penamaan mereka sendiri pada setiap fungsi dari komponen aki atau baterai yang mereka hasilkan tetapi secara umum keseluruhan adalah sama dalam hal fungsi dari tiap koponen baterai tersebut, hanya berbeda dalam hal dimensi atau desain. Ada dua jenis baterai yang digunakan pada sepeda motor, yaitu baterai primer, seperti baterai kering yang tidak dapat digunakan lagi ketika arus listrik habis dan baterai sekunder yang dapat di isi daya listrik sesuai kebutuhan dan dapat diisi ulang.

Adapun susunan fungsi komponen motor yang terdapat pada baterai aki (accu) terdiri dari kotak aki, tutup aki, lubang ventilasi, pelat loga (plat positif dan pelat negatif), air aki, separator, sel, dan terminal aki.
fungsi-komponen-aki
Komponen Baterai Aki (Accu)

Kotak baterai dan penutup baterai Aki (Accu)

Kotak Baterai (Accu)Berfungsi sebagai rumah atau wadah dari komponen aki yang terdiri atas cairan aki, pelat positif dan pelat negatif serta separatornya yang terbuat dari resin sintetis dan bak untuk 6 volt dibagi menjadi tiga sel sementara bak untuk 12 volt dibagi menjadi enam sel. sedangkan berfungsi sebagai penutup lubang pengisian air aki kedalam tempatnya, sehingga air aki tidak mudah tumpah. Untuk perlu diketahui bahwa pada jenis aki kering tertentu tidak ada koponen ini dan kalaupun ada tentu tidak boleh dibuka.

Lubang Ventilasi

Untuk tipe konvensional ada di samping atas dan ada slangnya yang berfungsi untuk memisahkan gas hydrogen dari asam sulfat serta sebagai saluran penguapan air aki. Sedang tipe MF, gas hydrogen dikondisikan lagi menjadi cairan sehingga tidak dibutuhkan lubang ventilasi.

Pelat Logam (Pelat positif dan Pelat negatif)

Terdiri dari pelat positif dan negatif. Untuk pelat positif dibuat dari logam timbel preoksida (Pb02). Sedangkan pelat negatif hanya dibuat dari logam timbel (PB)


Cairan elektrolit atau Air Aki

Air murni atau proses destilasi dicampur dengan asam sulfat membentuk asam sulfat encer dan digunakan sebagai cairan elektrolit. Rumus kimianya: H2 SO 4 biasanya cairan elektrolit yang digunakan memiliki berat jenis 1,280 pada 200 C ketika baterai terisi penuh.

Separator

Berada di antara pelat positif dan negatif yang berfungsi untuk
menyekat pelat positif dan negatif agar tidak saling bersentuhan yang bisa menimbulkan hubungan arus pendek (short)

Sel

Adalah ruangan dalam wadah bentuk kotak-kotak yang berisi cairan aki, pelat positif dan negatif berikut seperatornya.

Terminal Aki

Keduanya berada diatas wadah, karena merupakan ujung dari rangkaian pelat yang nantinya dihubungkan ke beban arus seperti pada bagian lampu serta lainnya. Bagian ini terdiri dari terinal Anoda(+) dan Katoda(-)

Dapat disimpulkan bahwa Aki (Accu) atau Battery adalah sebuah sel atau elemen sekunder dan merupakan sumber arus listrik searah yang dapat mengubah energy kimia menjadi energy listrik. Terdapat bagian-bagian komponen pada aki. Dan meiliki berbagai jenis serta bermanfaat dalam menyimpan energi listrik.

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar